Saturday, January 03, 2009

Era 1994-1998 (01) バタム島

Pendahuluan...

1994 Aku lulus SMK (STM) di Bandung. Saat lulus pertama kali yang muncul dalam benakku adalah cari uang... Iya "cari uang untuk masa depanku", pikir-ku. Tapi "bagaimana caranya?????", muncul pertanyaan yang paling menjengkelkan bagi diriku.
Iya benar saat itu aku baru lulus, dan belum mengenal atau pun mempersiapkan apa yang namanya cari kerja (Bodohnya aku....hiks....). Aku coba cari referensi dari teman, sodara, surat kabar dan depnaker mengenai informasi lowongan kerja, Gotcha...akhirnya kutemukan informasi penting ini dari salah seorang bapak petugas Depnaker di Jl. Asia Afrika Bandung?? (aku lupa, tapi daerahnya tidak jauh dari Jl. Asia Afrika Bandung). Benar, saat itu dari Bandung dibutuhkan beberapa orang tenaga terampil lulusan STM (dan Lulusan Sarjana tentunya....hehehehe....) untuk ditempatkan sebagai teknisi / tenaga ahli lulusan Listrik dan Mesin di Batam (Kepulauan Riau).

Singkat cerita, aku yang sedikit beruntung (hanya merupakan salah seorang lulusan STM Negeri cukup ternama) di Bandung ini akhirnya lulus dan diterima di salah satu perusahaan PMA-Japan, dan ditempatkan di bagian Teknisi Lapangan.

Dua tahun berjalan akhirnya karierku terkoreksi, ada sedikit peningkatan, yang tadinya ditempatkan dibagian teknisi di mutasi kebagian engineering...wow kesempatan emas pikir-ku. Aku tidak menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan, karena memang di departemen baru ini selain masalah teknis, juga faktor bahasa sangat menunjang dalam pekerjaan yang akan aku hadapi, karena aku akan berkomunikasi dengan orang-orang asing yang mungkin tidak paham akan bahasa ibu pertiwi (bahasa Indonesia) yang aku kuasai dengan baik ini. Untuk itu aku memulai sesuatu yang baru, selain bekerja, aku juga mulai belajar (Bahasa orang bule, sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang bule ataupun dengan orang Japan) selama kurang lebih 3 tahun. Yah...alhamdulillah dengan modal bahasa cas cis cus dan pengetahuan teknik listrik seadanya aku cukup berhasil dalam pekerjaanku.

Bersambung.......

Facebook me!
syai.bks0512@gmail.com

No comments:

Post a Comment